Senin, 15 November 2010

Cabang-cabang dan Sejarah Biologi

Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup. Semua ilmu yang mempelajari secara rinci tentang semua makhluk hidup adalah berada di bawah ruang lingkup biologi. Terdapat varietas makhluk hidup dan aspek yang luas dari studi tentang makhluk hidup dan itulah sebabnya biologi ini dibagi menjadi beberapa cabang untuk memberikan fokus yang cukup pada setiap aspek. Berikut ini adalah beberapa cabang utama biologi;

Zoologi: Zoologi adalah ilmu yang mempelajari hewan. Ini berkaitan dengan struktur, fungsi, karakter, warisan sifat yang melekat dan berbagai kegiatan hewan lainnya.

Botani: Botani adalah ilmu yang mempelajari tanaman. Seperti zoologi, botani juga berhubungan dengan struktur, fungsi, karakter, warisan sifat yang melekat dan kegiatan tanaman lain.

Morfologi: Ini berkaitan dengan ilmu tentang karakteristik struktur luar tumbuhan dan hewan.

Histologi: Ini adalah ilmu tentang jaringan tumbuhan dan hewan di bawah mikroskop.

Sitologi: Ilmu tentang sel dan organel.

Fisiologi: Ilmu mengenai fungsi dan aktivitas berbagai organ dari suatu organisasi.

Ekologi: Ilmu tentang hubungan antara organisme dan lingkungannya disebut ekologi.

Taksonomi: Identifikasi, penamaan dan klasifikasi organisme ke dalam kelompok dan sub kelompok.

Genetika: Ilmu penularan karakter dari orang tua kepada keturunannya disebut genetika.

Mikrobiologi: Ini berkaitan dengan ilmu tentang organisme mikroskopis seperti virus, bakteri, jamur dan beberapa protozoa.

Bioteknologi: Ini berkaitan dengan penerapan proses biologi untuk kepentingan umat manusia.


Sejarah Biologi

Manusia telah membuat perkembangan dalam Biologi melalui usia dan melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk tujuan ini manusia telah membuat perkembangan revolusioner dalam biologi dalam berbagai periode sejarah. Periode yang paling tercerahkan dan penting dalam sejarah perkembangan biologi adalah periode Yunani, Romawi dan periode periode Muslim.

Periode Yunani: Perkembangan terlihat pertama dalam pengetahuan kita tentang biologi terjadi selama periode Yunani. Aristoteles dan beberapa orang lainnya telah memberikan kontribusi untuk beberapa perluasan biologi.

Romawi periode: Roma diikuti Yunani dan terutama menggunakan pengetahuan Yunani.

Periode Muslim: Ini adalah periode Muslim di mana perkembangan revolusioner terjadi tidak hanya pada biologi tetapi juga di cabang lain dari ilmu pengetahuan. Dari abad ke-8 hingga abad ke-15, umat Islam belajar sastra Yunani, menerjemahkan buku-buku Romawi dan Sansekerta ke dalam bahasa Arab. Mereka juga menulis banyak buku dan membuka banyak pusat-pusat pembelajaran yang mendorong penelitian dan pertukaran ide di antara masyarakat manusia yang berbeda. Periode ini sesungguhnya adalah masa kemajuan dalam biologi dan obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar